Monday 22 June 2015

Fungsi dari Masing-masing Jendela Tampilan MATLAB

Fungsi dari Masing-masing Jendela Tampilan MATLABMalam guys, apa kabar kamu hari ini? Baik kan… Kali ini admin akan membagi informasi tentang Fungsi dari Masing-masing Jendela Tampilan MATLAB. Bagi yang belum tahu apa itu MATLAB mungkin bisa baca kembali postingan admin yang Pengertian dan Sejarah MATLAB.
Langsung saja kita ke topic kita, MATLAB mempunyai berbagai jendela tampilan yang bermacam macam, langsung saja kita simak informasi selengkapnya.

1. MATLAB Command Window

MATLAB Command window adalah jendela yang muncul ketika kita akan membuka pertama kali setiap kita menjalankan aplikasi MATLAB. Pada jendela tampilan ini kita dapat melakukan akses-akses ke command-command MATLAB dengan cara mengetikkan algoritma-algoritma pada MATLAB, seperti mengakses help window dan lain-lainnya.

            Command Window (layar perintah) dapat kita gunakan untuk menjalankan program/perintah yang dibuat pada jendela tampilan editor matlab. Pada jendela tampilan/window ini kita dapat menelusuri perintah dengan memasukkan algoritma maupun komponen pendukung (help file, dll) yang ada di matlab secara langsung. Salah satu karakteristik dari command windows ditandai dengan tanda prompt (>>).

2, MATLAB Editor/Debugger (Editor M-File/Pencarian Kesalahan)

            Jendela ini adalah alat yang disediakan oleh Matlab versi 5 ke atas. Berfungsi sebagai editor script Matlab (M-file). Walaupun sebenarnya script ini untuk pemrograman Matlab dapat saja menggunakan editor yang lain seperi notepad, notepad ++, maupun word.

 Untuk mengakses jendela tampilan m-file ini dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Pilih menu File - kemudian pilih New
2. Pilih m-file, maka MATLAB akan menampilkan editor window :

MATLAB Editor

Selain dengan cara di atas untuk menampilkan editor pada M-file tersebut, kita dapat juga melakukanya dengan cara :

>> edit
3.  Figure Windows
Jendela tampilan ini merupakan hasil visualisasi dari script Matlab. Namun Matlab memberi kemudahan bagi programmer untuk  mengedit jendela tampilan ini sekaligus memberikan program khusus untuk itu. Sehingga jendela tampilan ini selain berfungsi sebagai visualisasi output dapat juga sekaligus menjadi media input yang interaktif.
Figure Window

4. MATLAB Help Window
MATLAB juga menyediakan sistem help yang dapat diakses dengan perintah help. Misalnya, untuk memperoleh informasi tentang fungsi elfun, if, for, dll. Yang merupakan bagian dari fungsi untuk trigonometri, eksponensial, complex dan lain-lain.

MATLAB Help Window

Baca Juga Informasi Lainnya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Engineering Blog's
Fungsi dari Masing-masing Jendela Tampilan MATLAB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

>>Silahkan berkomentar yang baik dan sopan
>>Dilarang menaruh link SPAM pada komentar
>>Apabila ada pertanyaan silahkan bertanya dengan bijak